Tuesday 15 December 2015

Regenerasi & Revolusi

Kemarin sore, saya diundang untuk menjadi panelis dalam sebuah dialog kandidat untuk pemilihan calon Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan. Sebuah kehormatan yang luar biasa, bisa menjadi saksi dari potensi luar biasa generasi selanjutnya. Rasanya seperti sudah lama sekali saya tidak menginjakkan kaki di SKEMA DAKSIN.
Atmosfir organisasi dan euforia mahasiswa segera masuk terasa, menyaksikan riuh dan gegap gempita yang ada di depan sekretariat Hima MP. "Luar biasa." decak kagum terus menyelimuti, namun juga ada perasaan sedikit asing.... seperti kembali ke masa lalu, mungkin. Sebuah kehormatan juga, bisa menjadi panelis dengan Pradipta Hendrawan Putra, yang kata Arisca disebut "Pejabat Kampus". Hahaha. Beliau merupakan sosok yang luar biasa, diantara banyak orang luar biasa.

Perubahan itu pasti terjadi. Karena sejatinya ga ada sesuatu pun yang berhenti berubah, selama ia hidup. Bahkan jasad pun dipaksa berubah oleh kehendak alam. Hima MP pasti akan mengalami perubahan. Permasalahannya adalah, seperti apa perubahan itu? Kemanakah arahnya? Siapakah yang terlibat di dalamya? Menjadi apakah Hima kedepannya? Ini yang mungkin harus dipikirkan oleh generasi Hima 14. Sebuah revolusi!

Jika dimaknakan, revolusi adalah perubahan fundamental yang terjadi dalam kurun waktu yang cenderung singkat. Itulah yang saya harapkan, sebuah perubahan fundamental. Regenerasi akan mengantarkan kepada sebuah revolusi! Tak usahlah saya membahas dan memberikan saran mengenai proker, karena saya selalu percaya tiap zaman memiliki ciri khasnya. Yang mungkin saya titipkan adalah beberapa pesan, yang mungkin bisa berguna kedepannya. Karena sejatinya, kita benar-benar belajar dari sebuah kesalahan.

Teruntuk generasi penerus Hima, kami segenap para "alumni" menginginkan sebuah kebersamaan. Itulah kunci untuk melintasi badai yang ada di depan. Kebersamaan akan mengajarkan kalian untuk berdansa dalam derasnya hujan. Rasa itu akan muncul, cepat atau lambat. Kalian hanya perlu bersabar, percaya, dan menerimanya. Kelembutan hati akan menciptakan sebuah ikatan yang kuat. Terimalah, dan nikmatilah. Hingga kalian tidak akan sadar, seberapa jauh kalian telah melangkah. ^^

Teruntuk generasi penerus Hima, tetaplah kalian memancarkan warna yang kalian miliki. Warna itu yang akan menghiasi perjalanan kalian kedepannya. Biarkanlah warna itu berkembang, sehingga orang akan melihat Hima MP yang berwarna. Warna berarti karakter. Jangan kalian mencat semua warna itu menjadi satu. Padukan warna itu untuk menjadikannya sebuah lukisan indah. Belajar untuk saling mencipratkan warna, saling mewarnai dalam kebersamaan.

Teruntuk generasi penerus Hima, saya percaya konsep merupakan buah pemikiran yang kalian miliki, Rencanakan, matangkan, realisasikan. Mungkin, realita akan menghantam kalian dengan sangat keras. Namun kalian harus selalu memiliki banyak pilihan, menghindar, mundur selangkah untuk maju, ataupun perkuat pertahanan dan hantam realita itu. Tidak ada hasil tanpa jerih payah. Terbanglah tinggi untuk melihat keindahan itu seutuhnya. Buktikan pada kita, kami, dan mereka, bahwa kalian lah yang menciptakan dan memulai sebuah perubahan! Revolusi!

Pengalaman saya mengajarkan kebersamaan sebagai kunci. Belajarlah untuk saling mewarnai tanpa saling melukai. Belajarlah untuk saling menerima tanpa tersakiti. Belajarlah untuk tersenyum bersama, terluka bersama. Belajarlah arti pengorbanan, meskipun dalam tingkatan terendah. Belajarlah untuk terbang melangit dan berjalan membumi. Belajarlah untuk terus belajar. Perubahan itu sebuah keniscayaan, jadilah bagian dari sebuah revolusi.

"Janganlah kau tersilaukan oleh kemilau cahaya mentari. Aku takut kalian tidak mampu untuk menikmati keindahan cahaya bulan, dan keteguhan cahaya bintang."

7 comments:

  1. Mantaaaaapppp 😊👍
    Ditularkan skill menulisnya bro fathur 👏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaaappppp!!! Mohon dukungan dan bimbingannya baaang ^_^

      Delete
  2. warbiyasah, eyang! entah mengapa rasanya kehadiran kelian kemarin memberikan atmosfer yang beda dari biasanya. i call it "rindu". rindu masa-masa ketika semangat masih begitu membara, masa ketika gerak begitu leluasa. singkat kata, merasa kembali segar! thanks for always being there :')


    anyway, thanks for "branding" my blog, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kita lupa bermimpi ^^

      Dih emang pada tau blognya siapa :p wkwkwk

      Delete
    2. lah, pan orang jadi pada penasaran. serius, naik loh, kak, traffic XD hak hak

      Delete

Thanks for the comment ^^