Wednesday 8 February 2017

Uji Plagiasi "Turnitin" dan Cara Menghadapinya

Bonjour!

Setelah lama absen, ingin rasanya menulis sesuatu yang bermanfaat buat kemaslahatan umat. (?) Kali ini gw akan coba nulis tentang salah satu aplikasi web-based yang sedang ngetrend di dunia Mahasiswa, khususnya kampus UNJ tercinta! Karena setau gw, aplikasi ini sudah dipakai oleh banyak perguruan tinggi luar negeri dan dalam negeri. Aplikasi itu bernama TURNITIN!

Jangan salah baca ya, pengalaman soalnya ada yang bacanya triniti, turniti, trinitin, dan kosa kata aneh lainnya. Seperti judul postingan gw, aplikasi ini merupakan sebuah alat untuk mendeteksi plagiarisme yang mungkin dilakukan oleh seseorang dalam bentuk karya tulis. Mulai awal tahun 2017, UNJ telah menjadi salah satu kampus yang menggunakan jasa aplikasi ini untuk menyeleksi karya-karya ilmiah yang mungkin mengandung plagiasi.
Halaman Depan Turnitin (sumber)
Bersumber dari website ini, Turnitin adalah sebuah website yang dapat digunakan oleh guru atau dosen sebagai pendidik untuk mengecek tingkat plagiasi yang terdapat di dalam karya mahasiswa. Situs ini sudah dipakai di berbagai belahan dunia untuk menjaga integritas dan kejujuran para mahasiswanya. Selain itu, situs ini juga dapat dipakai untuk melakukan peer-checking terhadap pekerjaan sesama mahasiswa. Caranya adalah mahasiswa mengunggah (upload) file pekerjaannya ke dalam situs tersebut sesuai dengan nama kelas dan jenis tugasnya setelah diberi kode kelas dan password kelas yang sudah dibuat oleh guru/dosen kemudian guru atau dosen akan mengecek orisinalitas dan kualitas pekerjaan tersebut. Peer-checking juga dapat diakses dari akun Turnitin pribadi masing-masing mahasiswa.

Secara sederhana, turnitin adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Aplikasi berbasis web berarti turnitin dijalankan di dalam jendela browser tanpa perlu memasang perangkat lunak di komputer kita. Membantu meningkatkan kualitas penulisan dilakukan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya seperti revision assistant & feedback studioi.(sumber) Namun seperti yang sudah diketahui, fungsi utama dari aplikasi ini adalah mendeteksi plagiasi yang mungkin dilakukan penulis dalam karya tulisnya.

Bagaimana cara kerjanya?
Turnitin memiliki algoritma pencarian yang didesain oleh developernya untuk membandingkan tingkat kemiripan suatu karya tulis dengan tulisan-tulisan yang sudah beredar. Disini, turnitin memiliki 3 sumber utama sebagai pembanding tulisan yang akan diujikan, yakni sumber internet(blog, web, dsb), referensi akademik (buku, jurnal, publikasi ilmiah, artikel), dan database lokal yang merupakan database yang dimiliki masing-masing institusi. Pengalaman gw menguji karya ilmiah mahasiswa berkali-kali, aplikasi ini memang bukan sembarangan. Sempat gw berpikir untuk mencari cara mengakali algoritma mesin satu ini, namun ternyata tidak membuahkan hasil. Pernah ada beberapa cara yang ampuh dipakai, namun segera celah-celah itu diperbaiki oleh developernya.
Sumber Pribadi
Algoritma pencarian yang bekerja pada aplikasi ini luar biasa detail, karena akan membandingkan KATA PERKATA, bukan lagi kalimat ataupun paragraf. Kebayang kan, yang ngga copy-paste aja banyak yang kena deteksi, apalagi yang bener-bener jiplak utuh. Namun demikian, hasil yang diperlihatkan oleh turnitin tidaklah mutlak menjadi acuan untuk menilai plagiasi sebuah karya tulis. Pada saat pengecekan, hasil yang ditampilkan akan merinci berbagai elemen plagiasi yang ditemukan. Disinilah peran operator sangat penting, untuk memisahkan elemen yang bukan termasuk ke dalam plagiasi. Oh ya batas plagiasi untuk mahasiswa S1 UNJ itu 50% ya! <50% akan lolos uji!
Sumber pribadi
Untuk itu, penting bagi kita sebagai mahasiswa untuk memahami apa yang dikategorikan sebagai plagiasi. Menurut KBBI, plagiasi merupakan pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan. Poinnya adalah dua, yakni jiplakan dan pengambilan karangan orang lain tanpa mencantumkan sumber. Jiplakan berarti penulis hanya melakukan salin-tempel tulisan dari sumber lain. Sedangkan pengambilan karangan adalah menuliskan teori, pendapat, ataupun kajian konsep orang lain tanpa mencantumkan sumber yang jelas.
Sumber pribadi
Bagaimana cara melewati uji turnitin?
Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk lolos uji turnitin ada 3 nih!

1. Jangan COPAS! Ini sih jelas banget ya XD Maksud disini adalah, kita harus kurangin penggunaan ctrl+c dan ctrl+v, karena ini yang paling berisiko. Algoritma pencocokan aplikasi ini luar biasa akuratnya lho, bahkan cenderung over accurate. Kalo kalian nemuin kalimat atau paragraf yang pengen kalian masukin ke karya tulis, coba diparafrase dengan gaya tulisan kalian sendiri, misalkan kalimat aktif dijadikan kalimat pasif, atau cari sinonim dari tulisan aslinya. Intinya jangan COPAS, pasti ketauan.

2. Cantumkan SUMBER! Plagiat itu ketika kita make pendapat orang tapi ga dicantumin sumbernya, seolah-olah itu adalah pendapat kita sendiri. Penting untuk kita sebagai akademisi untuk tau tata cara penulisan ilmiah yang baik, termasuk penulisan sumber teori atau informasi yang didapat.

3. Hindari pemakaian dokumen legal! Dokumen legal yang dimaksud tuh kaya Undang-undang, Peraturan Pemerintah, atau dokumen-dokumen yang tidak dapat diubah redaksi dan maknanya. Dalam banyak kasus, Bab 1 Pendahuluan selalu memiliki persentase kemiripan yang tinggi dikarenakan pencatutan undang-undang sebagai "penambah" halaman. Walaupun kalian bisa cantumkan sumbernya, tapi gw saranin sih jangan, daripada deg-degan sendiri. :D

Sebagai penutup, gw cuma mau bilang kalian ngga perlu khawatir. Selama kalian mengerjakan karya tulis kalian dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku, pasti kalian bisa lolos uji turnitin ko. Hadirnya aplikasi ini pun ditujukan untuk peningkatan kualitas karya tulis mahasiswa dan dosen sebagai bentuk peningkatan kualitas akademik di kampus kita tercinta. Semangat dan sukses ya!

"Ikatlah ilmu dengan menulisnya."
Imam Asy-Syafi'i

Update 22/02/2019
Karena banyak yang memiliki kasus 99%, saya akan bahas secara khusus.
Turnitin akan menyimpan setiap dokumen yang dicek oleh setiap orang. Dokumen tersebut disimpan di dalam servernya, dan akan dijadikan database ketika pengecekan selanjutnya. Oleh karena itu, dokumen yang anda cek pertama kali akan dijadikan acuan perbandingan untuk pengecekan dokumen yang kedua kalinya.

Contoh kasus:
Arfi sudah menyelesaikan Bab 1-3 skripsinya, lalu dia memutuskan untuk mengecek skripsinya melalui turnitin. Ternyata, plagiasinya hanya 5%. Lalu Arfi melanjutkan penelitian dan menyelesaikan Bab 1-5, lalu kemudian mengecek filenya kembali. Ternyata setelah dicek, plagiasinya melonjak menjadi >50%. Penyebabnya adalah file Bab 1-3 yang sebelumnya telah diupload, dijadikan acuan kembali oleh turnitin.

Maka dari itu, ada 2 solusi yang bisa kita gunakan.

Pertama, jangan cek skripsi anda sampai benar-benar final. Tapi agaknya cara ini agak sulit ya, karena terlalu beresiko jika takutnya kedapatan ada yang sama.

Cara kedua, yang sangat saya sarankan, adalah dengan berkoordinasi dengan admin jurusan/fakultas/universitas. Ada sebuah pengaturan di admin yang dapat mencegah tersimpannya file yang anda upload di turnitin. Dengan demikian, anda bisa mengecek file anda berulang-ulang.

193 comments:

  1. kka, boleh cek punya saya? tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sekali, tapi saya hanya diizinkan untuk memeriksa civitas akademika UNJ

      Delete
    2. Di kampus saya juga 20%

      Delete
  2. Beruntung bgt batas plagiarisme UNJ 50%, di kampus saya 20% loh :(((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20% dari bab 1 sampai bab V kah? Luar biasa XD Semoga lolos ya!

      Delete
    2. dikampus saya juga batas 20%. dan itu adalah syarat ujian..

      Delete
    3. di kampus saya juga , 20% baru bia lolos daro bab I-V

      Delete
    4. Kampus Saya 10%. Kasian mahasiswa nya...

      Delete
  3. Replies
    1. Mohon maaf, saya hanya diizinkan mengecek file mahasiswa di Prodi saya

      Delete
    2. Jasa cek plagiat mengunakan turnitin original
      10rb/judul
      Wa. 085374873603 #turnitin #plagiat #tesplagiat #jasacekturnitin

      Delete
  4. emang biasanya cek di universitas itu pas kapan ya kalo boleh tau?pas d dosen pembimbing atau dmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Prodi saya, cek plagiasi dilakukan sebelum maju sidang skripsi. Jadi bisa dibilang sebagai salah satu syarat maju sidang.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. kalo terindikasi kita plagiat di bab 1 atau 2 sih masih bisa dimaklumi, tapi kenapa di bab 3, 4, 5 yang notabene nya hasil tulisan kita sendiri masih aja terindikasi plagiat, gmn coba? batas ditempat saya 20%. mohon sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya temukan biasanya tipe kuantitatif, karena memang sering di Bab 3 dan 4 para peneliti memiliki kesamaan struktur dalam menjawab. Walaupun tidak menjiplak, tapi jika banyak ditemukan kesamaan, tetap terdeteksi. Di sini peran admin luar biasa penting, tidak bisa begitu saja menyatakan plagiasi.

      Delete
    2. closing yang menarik, terkadang admin bak malaikat tanpa sayap ketika mahasiswa/i ingin maju tempur dalam sidang, semangat buat mahasiswa/i dan terima kasih untuk admin-admin turnitin

      Delete
  7. min mau nanya kalo copy paste trs habis itu ditambahain atau kata"nya diubah sesuai pikiran kita sendiri apakah itu juga beresiko tinggi min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekedar ditambahkan kata-kata, akan sangat beresiko karena redaksi kalimatnya merupakan hasil copy-paste. Lain halnya jika dilakukan parafrase, dengan pengembangan dan bentuk kalimat yang kita lakukan sendiri.

      Delete
  8. Informasi yang bagus. Tapi sayang nggak bisa titip cek, hehehe

    ReplyDelete
  9. Mohkn pencerahannya,, apa yg terjadi jika kita upload file ternyata smilarity.nya tinggi,, jd kita ingin mmperbaiki kata2 yg terdeteksi sama,,
    Prtnyaannya,, apakah jika kita meng upload ke 2 kalinya, maka turnitin akan menggunakan tulisan yg kita upload pertma mnjadi database mereka? Sehingga membuat similarity.nya makin besar? Jd kita harus bikin yg bener2 beda dri yg prtma kita upload?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang ini sempat menjadi kendala juga. Namun sebenarnya admin dapat melakukan filter sumber pengecekan yang dilakukan seperti yang ditunjukkan gambar terakhir di postingan saya.

      Jadi ketika deteksi 100%, hampir dapat dipastikan bahwa sistem membandingkan file yg telah direvisi dengan file lama yang diupload sebelumnya. Untuk itu, admin dapat meng-exclude sumber yg diupload sebelumnya dari algoritma pencarian, karena file yg telah diupload ke database turnitin akan sulit sekali dihapus (melalui prosedur yang cukup rumit).

      Solusi selanjutnya adalah dengan membuat kelas terlebih dahulu, dan memilih opsi untuk tidak menyimpan file yang diupload ke database manapun. Silakan hubungi admin kampus anda untuk mengetahui tata caranya. Semoga membantu

      Delete
  10. Daftar pustaka tuh engga si masukin ya? Ini saya bingung deh, kan bab 3 saya bener bener bikin sendiri... engga ada copas, tapi kok tetep kena ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di program studi saya tidak dimasukan, karena memang daftar pustaka bukanlah objek plagiasi.

      Terkait bab 3, memang saya sering temukan struktur jawaban yang sama, apalagi kuantitatif. Walaupun tidak menjiplak, tapi jika ditemukan banyak kesamaan, sistem akan tetap mendeteksinya sebagai plagiasi. Tugas adminlah untuk jeli memeriksa isi tiap babnya.

      Delete
  11. terus bagaimana kalau punya sy sudah tersubmit dan gak bisa saya plagiasi lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin dapat meng-exclude sumber yg diupload sebelumnya dari algoritma pencarian (seperti gambar terakhir pada artikel ini), karena file yg telah diupload ke database turnitin akan sulit sekali dihapus (melalui prosedur yang cukup rumit). Silakan konsultasikan ke admin penanggung jawab, karena memang seharusnya mereka sudah memahami prosedur seperti ini. Semoga membantu.

      Delete
  12. Saya cari2 biaya langganannnya kok g ketemu ya. Mau tanya donk biaya langganannya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya browse, sdhbketemu biayanya yakni 90 juta. Ada jg yg menyebut 75 jt. Mgkn ini bs jd referensi bagi univ lain tg berminat.

      Delete
    2. Betul Bu Renny, sudah banyak sekali insitusi yang memakai jasa turnitin.

      Delete
  13. misal sy mau download aplikasi turnitin sendiri dan uji karya ilmiah saya sendiri apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa bu. Turnitin merupakan sebuah aplikasi online berbasis server terpusat yang dikelola di kantor pusatnya, sehingga menggunakannya harus terkoneksi dengan server melalui websitenya.

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Maaf saya mau tanya kalau saya telah mensubmit artikel ke kelas A dengan tingkat plagiasi 49% dan saya akan mensubmit ke kelas B dengan artikel yang sama namun palgiasi yang 49% telah saya benarkan apakah yang 51% yang bebas plagiasi akan terdeteksi plagiasi di kelas B. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Min mau tanya apa betul kalo kita mengutip kalimat seseorang lalu kita hanya mencantumkan nama pengarang nya di hal daftar pistaka tetp bisa dianggap plagiat? Terima kasih admin salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya, sistem akan tetap membacanya sebagai plagiasi. di sinilah peran utama operator/admin dalam melihat dengan jeli apa-apa saja yang sebenarnya tidak termasuk plagiat, dan meng-exclude elemen-elemen seperti teori dari indikator plagiasi. semoga membantu, salam kenal juga

      Delete
    2. Kalo di kampus unj sendiri apakah batas kemiripan karya 50% itu per bab atau langsung dari bab 1-5 ya min???

      Delete
  17. kayaknya untuk bab 2: tinjauan umum; dan bab 3: teori dasar harus diberi toleransi lebih ya. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, karena kedua bab tersebut cenderung mengutip teori dan memiliki struktur baku

      Delete
  18. boleh komentar, admin di prodi saya bisa dibilang ngga bisa pakai turnitin. Dapus ane dimasukin, mana kata-kata kuota yg udah pake tanda kutip pun dimasukin, alhasil dapet plagiasi 30% dengan batas 20%. Nah adminya saya protes malah marah-marah, adminya payah di tgempat aku, ehehhe malah curhat -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup miris ya mas, padahal peran admin luar biasa krusial dalam penggunaan turnitin ini. Saya pun dulu tidak banyak diberikan petunjuk teknis, 50% bisa dibilang hasil dari otak-atik sendiri

      Delete
  19. min,saya ngutip dari buku dan sudah dicantumkan sitasinya di bab 2 tetapi kok tetep terdeteksi plagiasi.mohon sarannya

    ReplyDelete
  20. Kak sebenarnya tingkat akurasi dari turnitin itu sendiri seperti apa?
    Misalnya jika terdapat 4 kata berturut-turut sama dengan sumber maka dikategorikan plagiasi
    Saya pernah mengecek tingkat plagiasi di website open access yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda pula
    Selain itu, penyeban dokumen yang tidak ter detect oleh turnitin apa ya ?
    Mohon Penjelasnnya kak
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tingkat akurasi saya tidak tahu, namun memang tiap detektor plagiasi memiliki algoritma yang berbeda. TurnItIn bisa dibilang memiliki kelebihan dibanding versi freeware sejenis.

      Sepengetahuan saya ada pengaturan yang dapat memutuskan berapa kemiripan kata-kata yang akan dideteksi sebagai plagiasi.

      Kalau dokumen tidak terdeteksi, coba diubah ke dalam format word saja. Karena kadang kan document itu formatnya rich text file (rtf)

      Semoga membantu

      Delete
  21. Asalamualaikum admin. Kalo di kmpus unj sendiri apakah batas kemuripan karya 50% ini dihitung per bab atau atau langsung semua bab. Thanks admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam

      Terakhir kali saya membantu memeriksa, 50% ini dihitung perbab. Namun saya tidak mengetahui apakah sekarang ada perubahan atau tidak dikarenakan saya sudah tidak aktif lagi di UNJ.

      Semoga membantu

      Delete
  22. mas kalau dari artikel bahasa indonesia kita translate ke bahasa inggris tetep kena turnitin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya tidak pak. Misalkan bapak mengutip sebuah website, lalu mentranslatenya ke dalam b.indo/b.inggris, TurnItIn tidak akan membacanya sebagai plagiasi selama memang belum ada versi translate dari konten tersebut

      Delete
  23. Mas Fathur, Artikel sy diperiksa sama pembimbing pakai turnitin. Terus katanya ada 10% similarity, minta dikurangin. Promotor mengirim kembali hasil pemeriksaannya. Banyak warna-warna disitu. Sy bingung, bgm cara menguranginnya?
    apa bisa japri mas, biar saya kirimkan reportnya.

    wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10% similarity sebetulnya angka yang cukup rendah mas Nizar

      Warna-warna tersebut mengindikasikan adanya kesamaan dengan artikel lainnya. Cara mengurangi angka similarity tsb adalah cari warna yang paling dominan yang menunjukkan bahwa bagian tsb memiliki banyak kemiripan, lalu diubah dengan gaya bahasa/kata-kata yang berbeda, seperi parafrase. Semoga membantu.

      Delete
  24. Kira-kira warna apa yg perlu diubah? apakah warna merah atau semua warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat yang paling dominan saja mas, misal 3 warna yang paling banyak muncul

      Delete
  25. Mas mau tanya fungsi admin di kampus buat cek plagiasi ini seperti apa? ketika punya karya ilmiah kita termasuk lebih dari batas yg ditentukan oleh pihak kampus, apakah diubah oleh adminnya atau oleh kita sendiri lagi?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  26. Ka saya mau nanya dong, kan saya nganalisi novel bahasa inggris ya karena jurusan saya sastra inggris, pas cek plagiat hasilnya besar dan plagiatnya itu dari kutipan novel, minta tolong cara mensiasatinya seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disitulah peran operator mba, karena setau saya kutipan yang memiliki footnote/referensi tidak termasuk plagiasi

      Delete
    2. Aku juga bingung kang, tiap teori kan jelas sumber referensinya, tapi tetap saja terdetect, masa iya tiap teori di parafrase, atuh hilang keaslian teorinya di karya ilmiah saya, terus saya pernah submit skripsi di digilib, eh pas saya buay jurnal mengenai skripsi saya, tulisan saya jadi merah semua karena terindikasi plagiat ke digilib, jadi kaya saya plagiat skripsi saya sendiri, padahal itu judulnya jurnal skripsi haduuhhh

      Delete
  27. Kalau untuk personal, berapa biaya lisensinya untuk 1 tahun? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya kurang tahu, silakan dicek di websitenya ya

      Delete
  28. kak ini aku cek kan tapi kok latar belakang, rumusan masalah, daftar isi kena plagiat juga padahal kan itu emang sama semua makalah bagaiamana ya hiks saya jadi kena 36% plagiat gara gara itu

    ReplyDelete
  29. dikampua gw 7% plagiasi 93% bebas plagiasi

    ReplyDelete
  30. Bissmillah mau nanya ka di uji turnitin itu perbandingannya dengan artikel lain bhkan d negara lain kah ? Atau perbandingannya dengn artikel sejenis saja ?

    Misal dalam suatu tulisan trdpt bbrp kata yg sngt sering d sebut apa juga d hitung poin plagiat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turnitin menguji semua database di seluruh dunia

      Delete
  31. Mas saya dari univ unj nih.. bole minta tolong buka id class baru ga? soalnya saya ga tau mau cek kemana sementara juli akhir atau agustus awal ingin sidang? apakah bisa self-correcting juga? mohom dibalas ya mas.. terima kasih

    ReplyDelete
  32. kak. saya unj dan di prodi saya bikin aturan sendiri kalau batas maksimalnya adalah 25% dan gaada peran operator karena plek2an cuma dr turnitin tanpa diperiksa lg. padahal udah pakai footnote dsbnya. gimana ya?

    ReplyDelete
  33. Laah ini webnya Fatur, hahaha gw lagi cari info ttg turnitin, pas bgt. Thanks tur!

    ReplyDelete
  34. UMY 15% Minimal Tingkat Smililitasnya :(

    ReplyDelete
  35. Mantap Jiwa, di kampus sy UIN SGD bandung, minimal 35 %, klo di S3 30 %, kalo S1 40 %
    terimakash atas infonya, sy belajar dari sistem plagiat ini, ada kesan mendalam, sehingga kita harus berpacu pada proses, tidak pada yang isntan instan, keren pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, orisinalitas itu elemen penting untuk sebuah karya ilmiah

      Delete
  36. sekedar bocoran, untuk meminimalisir plagiat yg berlebihan serta berkesinambungan tersu menerus, yg menjadikan kita stress, alangkah baiknya karya ilmiah ditulis dalam bentuk ketikan sendiri, alias tidak ada copy paste dari internet atau sejenisnya, ini dikarenakan sistem turniti ini menggunakan sistem online, slmat sukses wisuda wisuda, salam wisuda september.......

    ReplyDelete
  37. Di kampus saya di Polban, batas turnitin harus dpt 29%, artinya 19% itu sdh sangat baik. Sedangkan hasil dari tes turnitin skripsi saya malahan dapat 54%. Bagaimana caranya untuk menghilangkan tanda berwarna merah dan biru?

    ReplyDelete
  38. Kak mau tanya, apakah jika kita pernah mengecek plagiasi karya kita menggunakan aplikasi lain (bukan turnitin), turnitin dapat mengetahuinya kak? Dan apakah termasuk plagiasi?

    ReplyDelete
  39. kalo yg terdeteksi bagian daftar pustaka itu bagaimana bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar pustaka tidak termasuk bagian yang diuji-plagiasikan karena memang pasti akan banyak kesamaan, silakan sampaikan keberatan kepada pihak terkait

      Delete
  40. kak kalo mis bab 4 dan 5 ada yang copas dari bab 3 gtu.. apakah bisa kena plagiat diri sendiri??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya tidak, karena file tersebut belum ada didatabasenya

      Delete
  41. Mau nanya punya sy tesis d cek pertama 56 %, setelah d edit makin nambah menjadi 96 %.dg file yg sama.ao penyebabny ya...mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  42. Mau tanya punya tesis udh pernh d cek plagiat hsiny 56% setelh d rubah d cek lagi malah makin tinggi menjadi 90%. Tolong info solusiny mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dikarenakan tesis yang pertama dicek sudah masuk ke dalam database turnitin, sehingga ketika dicek kedua kalinya, tesis yang pertama ikut dijadikan referensi sehingga similaritinya akan melonjak tinggi.

      Solusinya setau saya dengan mengajukan penghapusan file tesis yang sudah terinput di database melalui penanggung jawab kampus, setelah itu baru bisa dicek lagi

      Delete
    2. mohon izin bertanya, penghapusan file yang sudah terinput ini pada database turnitinnya atau database file yang ada di kampus yah?

      terima kasih.

      Delete
  43. Terimksh infonyaa..sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. Boleh ndk pak tesis d kirim lewat email atau WA apabila mau d cek plagiat.
    Apa pengaruh dari hasil cek plagiatnya.mksh...☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja, karena email sifatnya rahasia, jadi turnitin tidak akan mengecek/membandingkan dengan isi email orang-orang

      Delete
  45. Mas, mohon bantuan info. saya yakin tidak menjiplak, benar-benar sesuai prosedur pengutipan dan parafrase. Tapi saat dicek turnitin, muncul tanda seru warna hitam, ketika diklik, ada tulisan: the paper has unusual word usage patterns and should be viewed in the text-only mode.. Dan hasilnya 100% similarity. Ini kan aneh sekali. Jalan keluarnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya belum pernah menemukan kasus seperti itu. Mungkin bisa hubungi penanggung jawab akademik di kampusnya

      Delete
  46. Mau tanya dong min, kalo misal artikel b.inggris ditranslate ke b.indonesia apa masih bisa terdeteksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab di kolom komentar, silakan dibaca terlebih dahulu

      Delete
  47. Min mau tanya, di penulisan saya, bahkan tulisan, cover (yang tulisan "pascasarjana unj") BAB dan sub2 judul seperti latar belakang, definisi operasional, dll, terkena plagiasi, itu bagaimana cara cara mengurangi atau mengakalinya ya ? Apa harus tulis ulang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elemen kecil seperti itu harusnya tidak berpengaruh banyak terhadap prosentase plagiasi. Lebih baik fokus kepada elemen yang prosentasenya terbanyak. Semoga membantu

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Saya ingin menanyakan satu hal lagi, persentase terbanyak di bab 3 dan 4 terkait keterangan hasil penelitian, karena penelitian saya kuantitatif, padahal konteksnya memang seperti itu. Solusinya bagaimana ya ? Terimakasih

      Delete
  48. Min mau nanya, kalau misalnya dikirim jawaban tugas dari wa terus jawaban tugas tersebut di ketik di leptop. Apakah itu terdeteksi plagiat di scan plagiasi? Terimakasih sebelumnya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama jawaban di WA orisinil (tidak copas), maka tidak terdeteksi

      Delete
  49. Software bodoh yg buat bab 2 sama teori saya kasih sumber tetap di hitung persentasi nya, seharusnya tdk di hitung misal menurut pendapat a menyatakan bahwa.. . , trs Bab 1bab 2, bab 3, Bab 4 ,Bab 5 pun ikut di hitung software tolol ,seharusnya semua bab1-5 tdk ikut di hitung ,tolol pembuat software

    ReplyDelete
  50. Pembuat Software bodoh yg buat bab 2 sama teori saya kasih sumber tetap di hitung persentasi nya,masa teori sama jurnal ngarang sendri bodoh,seharusnya tdk di hitung misal menurut pendapat a menyatakan bahwa.. . , trs Bab 1bab 2, bab 3, Bab 4 ,Bab 5 pun ikut di hitung software tolol ,seharusnya semua bab1-6 tdk ikut di hitung ,tolol pembuat software.

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum min mau nya saya di unj juga nah kebetulan akun turnitin saya itu rada eror soalnya ketika di cek persennya tidak ada seperti masih proses terus lalu saya cek file saya ke akun temen saya bisa min. Apakah itu di perbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      Salam kenal,

      Menurut saya baiknya anda segera membuat ulang akun turnitin, dengan cara men-delete akun lama dan membuat ulang akun anda. Terkait diperbolehkan atau tidaknya menggunakan akun teman, saya kira itu adalah kebijakan dari prodi.

      semoga membantu

      Delete
  52. Kak, maaf mau tanya. Kalau kita ngutip dari isi peraturan pemerintah itu dikatakan plagiat yaa? Gimana cara siasatinnya?:') kan isi peraturan pemerintag atau uu itu ga boelh diubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal,

      Terkait pemakaian dokumen legal, menurut saya sebaiknya dihindari mengutipnya karena pasti akan terdeteksi. Jika memang mengharuskan adanya dokumen legal, maka perlu diinfokan kepada admin anda agar bisa di-"exclude" dari pembacaan plagiasi. Semoga membantu

      Delete
  53. mau tanya bagaimana bila input sitasinya manual? Apakah kemungkinan terdeteksi lebih banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya daftar pustaka/reference tidak masuk ke dalam bagian yang harus dicek.

      Delete
  54. min, mau tanya ini saya baru bikin bab 1 dan 2 pas di cek udah 79% aja -_-, apakah ketika saya upload ke turnitin secara berkala (progress) saya akan berpengaruh terhadap %-nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. upload yang saya maksud bertujuan untuk melihat %-nya selama saya mengerjakan

      Delete
    2. Pertama, tanyakan ke admin di jurusan anda apakah boleh mengupload berulang-ulang kali. Karena setau saya, ada pengaturan yang bisa diubah. Secara default, semua file yang diupload akan disimpan ke dalam database turnitin. Itulah mengapa banyak sekali yang terkena plagiasi sampai 90% ketika mengupload untuk kedua kalinya. Namun ada pengaturan yang bisa mengubah hal tersebut.

      Kesimpulannya, silakan ditanyakan ke admin turnitin jurusan/fakultas/universitas anda.

      Delete
  55. Bismillah, mau nanya kl databes yg di input suatu institusi apa akan menjadi database institusi lain? (Di luar web dan artikel ilmiah yg ada di internet) jd apakah hasil karya tulis yg di imput di satu akun akan menjadi databese akun turnitin lainnya?
    Terimakasih tolong di hawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dokumen yang diinput ke dalam database turnitin akan menjadi dokumen yang akan dipakai di seluruh dunia. Seseorang yang mengupload dokumen di negara A, maka dokumen itu juga akan dijadikan pembanding plagiasi untuk negara B sampai Z.

      Delete
  56. terima kasih infonya..saya baru dapat review dari reviewer dan hasilnya
    30% SIMILARITY INDEX
    30% INTERNET SOURCES
    5% PUBLICATIONS
    14% STUDENT PAPERS...itu artinya gmn ya.. apa terus dijumlahkan angka2 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan ditanyakan ke yang memberikan report ya

      Delete
  57. Admin, saya mau tnya. kalo misalkan saya beli software turnitin apakah saya bisa jual jasa cek plagiatrisme di seluruh universitas?? atau ada kebijakan dr turnitin untuk tidak menkomersilkan. mohom infony terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lisensi Turnitin dijual kepada lembaga-lembaga yang memang membutuhkan. Saya tidak tahu apakah bisa dibeli secara perseorangan, untuk lebih lengkapnya silakan cek di websitenya.

      Delete
  58. Saya juga mau tnya min, misalkan saya mengerjakan skripsi dg file yg terpisah Bab1- bab 3 jadinya ada tiga file, trus krn dibutuhkan untuk cek plagiat ketiga file tadi saya satukan dg cara d copas. Apakah akan terdeteksi sebagai plagiat?? jika ya, brarti harus ketik ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Selama belum diupload di turnitin, hal tersebut tidak akan dilihat sebagai plagiasi.

      Delete
  59. Sorry mau nanya, bagaimana daftar pustaka dan sitasi dapat mempengaruhi turnitin? Makasi

    ReplyDelete
  60. Min boleh tanya kira kira penyebab nya apa ya ?
    Saya cek turnitin untuk jurnal saya hasil pertama 30% kemudian diuji kembali oleh dospem jadi naik 54% setelah itu di cek kembali oleh kaprodi jadi naik 99%. Padahal data masih sama, tidak saya ubah sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, pertanyaannya sudah saya masukan di update post ini ya. Semoga membantu

      Delete
  61. Hallo kak, misalnya kita ambil dari jurnal orang terus kalo kita ketik sendiri tanpa pake copas apakah masih dikatakan plagiat atau todak? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Definisi plagiasi adalah memakai karya orang tanpa mencantumkan sumber, seolah-olah karya tersebut adalah hasilnya sendiri. Jika mba Anna copas tanpa aturan pengutipan/parafrase dan tanpa sumber, jelas jatuhnya plagiasi.

      Delete
  62. Kak mau nanya kalau misalnya saya nulis dari putusan direktori mahkamah agung, tanpa menggunakan footnote, apakah tetep bisa kena plagiasi ? Kalau emang iya, mohon arahan dan masukkannya kak biar bisa lolos dari plagiasi

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Admin, mau nanya, kan BAB 2 itu Kajian Teori. Jadi saya ketik full mirip bahasanya dengan yang dibuku. Saya cantumkan pengarangnya. Itu bagaimana, apakah plagiasi atau tidak? Saya ragu, soalnya senior saya menggunakan buku yang sama dan menggunakan bahasa buku yang sama dengan yang saya gunakan. Apa tidak masalah. Mohon arahan dan masukannya.

    ReplyDelete
  65. Halo mas, institusi saya mau mulai menggunakan turnitin tapi bagaimana daftar nya ya? dan bagaimana berlangganannya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  66. Mau tanya, kalo dari jurnal bahasa inggris trus dirubah ke bahasa indonesia mash kena / ketahuan turnitin gak ya?

    ReplyDelete
  67. Halo mas, izin bertanya, skripsi saya di bab 2 kebanyakan bersumber dari undang-undang dan permendikbud, nah itu kan ga oleh di paraprase ya, saya takut plagiarisme nya tinggi :(

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum mas,

    Mau tanya, kalo kita copas tulisan kita sendiri misal dari word1 ke word2 apakah bisa terdeteksi sebagai plagiasi di TurnItIn?

    ReplyDelete
  69. min kalau saya google translate dari bahasa indonesia ke bahasa inggris apa akan terdeteksi plagiat juga oleh turnitin?

    ReplyDelete
  70. selamat siang min. mau tanya, jika saya sudah cek plagiarisme lewat online (bukan turniti) apakah itu akan mempengaruhi jika saya cek lagi melalui turniti ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang,

      Saya belum pernah mencoba kasus tersebut. Menurut saya, seharusnya pengecekan pertama tidak berpengaruh kepada pengecekan kedua, karena database yang dimiliki berbeda dan tidak saling terkait satu dan lainnya. semoga membantu

      Delete
  71. Assalamualaikum min, kalau di depan file yang telah di upload terdapat tanda seru itu maksudnya apa ya min? Kalau sampulnya dihilangkan itu plagiatnya 0% sedangkan kalau ada sampulnya itu bisa sampai 76% dan itu plagiatnya cuma dari sampul aja min, apa itu sudah hasil akurat apa gara2 tanda seru di depan file tadi min?

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum min, kalau di depan file yang telah di upload terdapat tanda seru itu maksudnya apa ya min? Kalau sampulnya dihilangkan itu plagiatnya 0% sedangkan kalau ada sampulnya itu bisa sampai 76% dan itu plagiatnya cuma dari sampul aja min, apa itu sudah hasil akurat apa gara2 tanda seru di depan file tadi min? Dan minta tips nya agar tanda seru tersebut dapat hilang

    ReplyDelete
  73. Saya turnitin pertama 57% kemudian disuruh perbaiki pas turnitin kedua malah naik jadi 60% . Nasib wkwkwk

    ReplyDelete
  74. Assalamu'alaikum admin, maaf mau tanya. Dalam pengecekan turnitin, kalimat kita muncul tanda seru dan ada juga kalimat yg berantakan. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Terima kasih.

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikumwr,wb. mas, mau nanya dong. apakah aplikasi turnitin tetap bisa mengecek plagiat jika kalimat di satukan. Contoh kalimat yang terkena :

    Profitabilitas berpengaruh karena....
    kemudian di ubah dengan

    ProfitabilitasJberpengaruhJKarena....

    Dengan huruf J yang disempilkan dan diubah font menjadi putih, apakah akan tetap terlacak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      Setau saya akan tetap terbaca, bahkan beberapa mahasiswa di luar negeri pernah mencoba mengganti huruf "e" dengan simbol tertentu, awalanya mereka berhasil, namun dalam waktu singkat langsung dicegah oleh tim TurnItIn.

      Delete
  76. Jasa cek plagiat mengunakan turnitin original
    10rb/judul
    Wa. 085374873603 #turnitin #plagiat #tesplagiat #jasacekturnitin

    ReplyDelete
  77. Kak sy punya masalah dan minta solusi
    Gini.. Awalnya sy udah di cekkan oleh dosen, trs kluarlah hasil sy 60%. Dan stlah itu temen saya cek in. Kluar punya dia 100% nah hal ini krna file yang di masukkan ke akun dia punya saya, namun dengan atas judul dan nama atas punya dia. Dah gtu besoknya saya cek in lagi, dan trnyata yg awalnya punya sy 60% mejadi naik 100%. Minta solusi i dong kak. Jd istolahnya sy terbandingi dgn skripsi saya sendiri yg sudah trmsuk ke akun yg lain tepatnya temen sy sendiri.hal ini karna masalah sepele ajasi, dosen sy salah memasukkan file aja ke temen sy, yg di masukkan adalah file saya. Masak lngsung sefatal ini. Jd sy macam plagoat 100%. Tolong bantuannya kak

    ReplyDelete
  78. Kak sy punya masalah dan minta solusi
    Gini.. Awalnya sy udah di cekkan oleh dosen, trs kluarlah hasil sy 60%. Dan stlah itu temen saya cek in. Kluar punya dia 100% nah hal ini krna file yang di masukkan ke akun dia punya saya, namun dengan atas judul dan nama atas punya dia. Dah gtu besoknya saya cek in lagi, dan trnyata yg awalnya punya sy 60% mejadi naik 100%. Minta solusi i dong kak. Jd istolahnya sy terbandingi dgn skripsi saya sendiri yg sudah trmsuk ke akun yg lain tepatnya temen sy sendiri.hal ini karna masalah sepele ajasi, dosen sy salah memasukkan file aja ke temen sy, yg di masukkan adalah file saya. Masak lngsung sefatal ini. Jd sy macam plagoat 100%. Tolong bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dibaca di artikel, sudah saya tuliskan solusi untuk kasus tsb

      Delete
  79. Mas mau nanya kalo kita uda pernah kirim file lewat email kediteksi gak sama turnitin

    ReplyDelete
  80. Min, mau tanya, jika kita submit kedua kalinya, kan jadi makin gede %annya. Apakah file kedua itu tercatat dalam database atau file yang pertama ? Saya iseng masukin skripsi saya yang kedua kali di akun berbeda, padahal awalnya sudah batas aman. Dan sekarang malah 100%.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dibaca dahulu, bertanya kemudian

      Delete
    2. Iya min, saya sudah baca, dan permasalahannya saya submit ke dua di akun berbeda dan id free di youtube min, submit pertama di id univ. Dan itu bisa resubmit gitu. Apa kalau di resubmit langsung bisa ketiban filenya dan data sebelumnya yang di submit di Id tersebut bakal ketindih atau terhapus otomatis min ?
      Saya tidak tau intrukturnya untuk id kedua itu. Karena servernya luar negeri gitu min.

      Delete
    3. turnitin yang dari luar negeri tuh dimna mas? soalnya saya juga mengecek turnitin dari id/password yang didapat di youtube.

      Delete
  81. Mas solusinya bagaimana jika semua bahasa yg ada telah di gunakan

    ReplyDelete
  82. Halo min, mau tanya kalau tabel di bab 2 terhitung sebagai plagiat gimana solusinya ya min?? Padahal sudah dicantumkan sumbernya

    ReplyDelete
  83. Kak mau tanya, seberapa lama si waktu yg dibutuhkan kalau kita mau delete database di Turnitin?

    ReplyDelete
  84. Karena di kampus saya merekomendaiskan delete dari database, kira-kira ada saran tidak kak untuk penghapusan file atau pernah ada yang melakukan delete pada database turnitin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lama tidaknya prosedur tersebut, saya kurang tahu. Namun sepemahaman saya, prosedur tersebut harus diajukan oleh pihak kampus sendiri, tidak bisa diajukan oleh individu/mahasiswanya karena pengajuan tsb bersifat resmi (harus dengan surat/permintaan resmi)

      Delete
  85. selamat malam kak...bagaimana solusinya jika skripsi sya pertama di cek hasilnya 17 % terus sya perbaiki dengan menghapus data yg bertanda merah atau yang terkena plagiasi, dan cek ke turnitin lagi untuk ke 2 kalinya kok malah bertambah jadi 85 % ,ini penyebabnya apa,karena kalau di pikir sya sudah hapus yg kena plagiasi , harusnya palgiasinya 0 %..mohon balasanya n sekian terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mba, coba dibaca postingannya dulu baru komen. Sudah ditulis di artikel di atas, sudah di jawab di kolom komen. Coba dibaca dulu pelan-pelan.

      Delete
  86. Pak kalau saya cek nya pakai id orang lain smpai 3 kali dengan id yg berbeda kok plagiatnya jd lbih tnggi padahl sy sudah mengubahnya, apakah file sy itu tersimpan di univ atau perguruan tnggi ke 3 id yg saya pakek tersebut?.. Mhon bantuannya gmana cara nya

    ReplyDelete
  87. Free Turnitin Account and Password Active 2019
    (Akun Turnitin Gratis dan Kata Sandi Aktif 2019)
    Terms and Conditions
    (Syarat Dan Ketentuan)
    Simply Join Turnitin Whatsapp Group
    (Cukup Join Group Whatsapp Turnitin)
    By Clicking the Link Below
    (Dengan Klik Link Dibawah Ini)
    https://s.id/Group_Turnitin_

    ReplyDelete
  88. Turnitin is not infallible, so make sure to get it checked with your lecturer to see which parts the software is flagging. Many times, Turnitin is being overly sensitive, and a lecturer can easily exclude things that they KNOW aren't plagiarism (this is one of my jobs, so I do it regularly).
    I am the admin for a private university in Jakarta, and I am aware of the problem of Chapters 1-3 making up 50% when checking for Chapters IV-V. However, this is just a case of the lecturer not setting up the assignment properly. There is a setting called Save to Repository. If this is set to 'Save to no repository', this phenomenon will not occur, but it has to be done when the assignment is set up. If your lecturer can see that you are only copying an earlier version of your own work, ask your lecturer to exclude the source from the results. Hope this helps!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for the concise explanation. Sadly only few admins understand the system the way we do.

      Delete
  89. halo kak mau tnya saya cek uji turnitin melalui instansi di kampus saya, awal pengujian hasilnya 29% batas maksimal ketentuan dari kampus adalah 20%.
    lalu saya perbaiki tulisan yang terkena warna dari pengujian turnitin, tetapi pada saat pengujian kedua malah hasil presentase menjadi 98% , kenapa ya hasil pengujian kedua malah menjadi seperti itu? mohon bantuannya kak? apakah itu kesalahan aplikasinya atau bagaimana ya kak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your lecturer has set the repository settings wrong. See my post above...

      Delete
    2. mas/mba, coba dibaca postingannya dulu baru komen. Sudah ditulis di artikel di atas, sudah di jawab di kolom komen. Coba dibaca dulu pelan-pelan.

      Delete
  90. Butuh Address Email Dan Password Login Turnitin Secara Gratis (Free)
    Bisa Klik Link Dibawah Ini
    https://s.id/GroupTurnitinFree

    ReplyDelete
  91. Butuh Address Email Dan Password Login Turnitin Secara Gratis (Free)
    Untuk Bisa Menggunakan Turnitin Sebagai Software Atau Aplikasi
    Anti Plagiasi (Plagiarism) Diperlukan Address Email Dan Password.
    Anda Bisa Mendapatkan Address Email Dan Password Login Turnitin
    Secara Gratis (Free) Cukup Join Atau Gabung Di Group Turnitin
    Cukup Klik Link Berikut Ini
    Group 1
    https://s.id/GroupSatu
    Group 2
    https://s.id/GroupDua

    ReplyDelete
  92. Dengan Memiliki Class ID Dan Enrollment Key Turnitin Gratis (Free).
    Anda Bisa Buat Address Email Dan Password Untuk Login Turnitin (Free Atau Gratis)
    Anda Tidak Perlu Membayar Diberikan Secara Gratis (Free) Sehingga Anda
    Bisa Membuat Sendiri ddress Email Dan Password Untuk Login Turnitin (Free Atau Gratis)
    Karena Anda Sudah Mendapatkan Class ID Dan Enrollment Key Turnitin Gratis (Free)
    Syaratnya Cukup Join Atau Gabung Di Group Turnitin Cukup Klik Link Berikut Ini
    -> s.id/GroupTurnitinFree

    ReplyDelete
  93. Sharing Info Akun Student Turnitin No Repository Terbaru (New)
    Link Akun Student Turnitin No Repository
    s.id/TurnitinUpdate
    Cara Download Atau Unduh
    s.id/GuideDownload

    ReplyDelete
  94. Dan sekarang kampus saya UMJ tahun ini menerapkan sistem ini, Dan betul apa yang admin sampaikan bab I-V oleh administratornya di cek semua. Alhasil skripsi saya plagiasi 57%. Sekarang saya mulai ragu apakah administratornya kredibel dalam menjalankan Trunitin ini. Juga pihak fakultas/kampus seperti di telen mentah-mentah dengan semua hasil skripsi yang di uji milik saya maupun teman-teman. Saya harus bagaimana admin supaya pihak fakultas tidak sepenuhnya hanya meloloskan skripsi yang hanya mengacu persentase di turnitin?

    ReplyDelete
  95. saya mau bertanya, kalau kita menghilangkan footnote dalam skripsi dan menggantinya dengan daftar pustaka, apakah turnitin akan menghitung isi skripsi kita sebagai plagiasi? karena tidak menyertakan sumber yang dikutip?

    ReplyDelete
  96. Misi min mau nanya, saya juga mahasiswa Unj dan dpa betul batas plagiarisme di unj 50%?

    ReplyDelete
  97. Account Turnitin Student 2024
    No Repository Active 31 December 2024
    9 Assignment Title Model No Repository
    Link Download
    https://bit.ly/31Dec24
    Guide Download
    https://bit.ly/Turnitin2024

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. Min, misalkan tulisan kita similaritynya 60%, trus kita ketik ulang dengan kalimat yang sama, apakah akan berpengaruh?

    ReplyDelete
  100. Apakah misal pernah pake checker online terus ikut uji turnitin datanya akan kena plagiat juga ya ?

    ReplyDelete
  101. makasih infonya bermanfaat bgt, kebetulan ane lagi cari cara cek plagiasi

    ReplyDelete
  102. Apa beda similarity dgn plagiat? Jika suatu makalah yang dimuat dimajalah yg diterbitkan suatu kantor pemerintahan yg membahas suatu topik yg bukan merupakan penelitian tetapi mrmbahas kebijakan pemerintah apakah bisa digunakan turniti dan jika turniti ini menunjukan angka 32% apakah otomatis penulisnya dicap sebagai plagiat? Krn majalah tsb tidak menetapkan batasan besaran turniti yg boleh ditoleransi

    ReplyDelete
  103. Apakah jika hasil turnity 32% bisa langdung seseorang dicapnplagiat?

    ReplyDelete
  104. permisi mau tanya, kalo copy paste kalimat orang lain ke word saya, terus baru saya parafrase dari kalimat aktif menjadi kalimat pasif apakah akan terdeteksi, karna awalnya kan copy paste. Terimakash ...

    ReplyDelete
  105. Yang mau cek plagiat dengan turnitin bisa lewat saya di 085729722746

    ReplyDelete
  106. Class Id And Enrollment Key Turnitin Student No Repository Actived 31 Dec 2020
    Visit
    http://bit.ly/31Dec20

    ReplyDelete
  107. Soal database turnitin sendiri, itu lokal atau mendeteksi keseluruhan (tidak berdasarkan kampus)? Jika No repository tidak di aktifkan

    ReplyDelete
  108. Maaf mau bertanya kalo ada tanda seru hitam setelah hasil keluar itu kenapa ya kak? Padahal hasil similarity saya sudah dibawah kriteria kampus. Tapi karna tanda seru tersebut membuat saya was was mau kirim ke kampus. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  109. Very likely I’m going to bookmark your blog . You absolutely have wonderful stories. Cheers for sharing with us your blog. 먹튀검증

    ReplyDelete
  110. maaf mau tanya, lama waktu pengecekan turnitin biasanya berapa lama ya? saya sudah 2 hari tapi masih tetap "proses" keterangan nya.

    ReplyDelete
  111. I feel a lot more people need to read this, very good info 먹튀폴리스

    ReplyDelete
  112. Kak" minta solusinya. Saya SDH selesai kuliah 2 tahun yg lalu dan saya cek ko skripsi saya dibeberapa tempat tulis plagiat... Bagaimna solusinya... Untuk menghilangkan itu

    ReplyDelete
  113. Kak.. mau bertanya. Saya memasukkan file bab 3 saya ke dalam web typoonline untuk mengetahui Apakah di tulisan saya terdapat kata yang salah (typo). Apakah masuk ke dalam plagiat ketika di periksa dengan turnitin?

    ReplyDelete
  114. selamat malam min
    saya mau bertanya, untuk uji plagiat apakah diharuskan diuji mulai dari halaman sampul sampai pada daftar pustaka?
    punya saya sudah coba diuji oleh dospem tapi untuk sampul dan daftar pusatakanya kena plagiasi semua. dari 20+ daftar pustaka yang ada semuanya masuk plagiat min.

    atau dari mimin ada tips sendiri untuk bisa mengatasi masalah seperti ini??
    terima kasih min

    ReplyDelete
  115. maaf pak mau tanya : apakah file yang diupload berulang2 tidak bisa dilakukan cek lagi ya. Saya cek file yang sama sampai 2 kali bisa, tapi untuk cek yang ketiga setelah saya perbaiki supaya mengurangi similaritas kok tidak bisa lagi. terimakasih

    ReplyDelete
  116. Saya sangat suka dengan penjelasan diatas. Terimakasih banyak kak. arti mimpi

    ReplyDelete
  117. maaf saya mau nanya, makalah saya ketika saya cek similarity nya dapus masih dianggap plagiat, padahal saya sudah filter utk datar pustakanya. Bagaimana supaya dapus tidak terdeteksi lagi ya?
    tolong dijawab ka
    terimakasih

    ReplyDelete
  118. Kakk, aku pake turnitin student. Ada 1 file pas aku download malah ada beberapa halaman yang keblock semua, padahal pas diliat di turnitin itu engga keblock semua. Kira kira kenapa yaa?

    Contoh
    Halaman aku up 10 halaman, yang kena plagiasi 3 halaman tapi ga full keblock. Pas udah selesai download dan diliat hasilnya, yang 3 halaman itu full kena block

    ReplyDelete
  119. Penyebab cek turnitin tapi hasilnya tidak muncul kenapa ya?

    ReplyDelete
  120. Update Terbaru Class ID Dan Enrollment key Turnitin No Repository Berlaku Sampai 31 Agustus 2022
    s.id/agsup
    dik.si/agsup

    ReplyDelete

Thanks for the comment ^^