Monday 10 March 2014

Mentoring

Bismillah...

Sedikit berbagi pengalaman tentang pelajaran hidup seorang insan yang harus selalu belajar. Yup, semua tentang Mentoring, atau Liqo, atau Halaqah. Apalah namanya, ga penting nyebutnya apa. Yang penting substansi dan esensi yang dikandungnya... *tsaahh*

Sedikit yang gw tau, mentoring ini merupakan "metode" yang digunakan dalam tarbiyah. Yang gw tau sih mentoring itu dimulai oleh sang Imam Hasan Al Banna sendiri. Beliau merupakan founder dari salah satu gerakan Islam terbesar, yakni Ikhwanul Muslimin. Sebenernya gw udah kenal yang namanya mentoring dari semenjak gw SMK. Tapi jujur dengan namanya yang agak asing, gw jadi ogah ikut-ikutan gituan. Mending fokus di banyak hal lain yang "lebih berguna". Dengerin mentoring yang identik dengan anak Rohis, bikin gw nambah ogah ikut-ikutan. Pandangan awam gw bilang, betapa sempit ketika kita berada dalam suatu majelis dan hanya membicarakan agama saja. Padahal banyak hal lain yang juga bisa didiskusikan bersama dalam majelis. Ya, namanya orang awam nan bodoh. :)

Berangkat dari pemikiran itu, gw punya inisiatif untuk menghadirkan gerakan yang sedikit mirip dengan mentoringnya anak Rohis. Haha. Yap, gw mendirikan sebuah majelis ilmu. Namanya Baitul Ma'ruf, alias Rumah Kebaikan. Gw dan dua founder lainnya yakni Annisa Sekar Kasih dan Ratih Kusuma Wardhani, sukses mendirikan majelis kecil-kecilan yang kita kelola sendiri. Kebetulan semua foundernya anggota OSIS aktif di SMK, dan ingin menghadirkan suasana berbeda dalam sebuah "halaqah", bukan melulu soal agama.

Singkat cerita, majelis yang gw pimpin berjalan dengan tersendat-sendat. Ya emang ga pernah mudah sih untuk memulai hal baru. Awalnya kita tetep istiqomah untuk terus berjuang. Target utama gw adalah anak OSIS itu sendiri. Karena yang tadi gw bilang, mentoring identik dengan Rohis, makanya banyak yang ragu untuk ikut. Maka gw ajak aja ikut majelis gw, Majelis Baitul Ma'ruf. Disingkat, MBM. Dibaca, MBEM. :D

Materinya sendiri beragam, amat sangat beragam. Pernah bahas tentang orang tua, do'a, menuntut ilmu, ma'rifatullah, dsb. Sumbernya? Segala buku yang gw baca dan gw punya. Hahaha. Kebetulan bahasan yang paling menarik itu diambil dari bukunya Imam Al-Qurthubi, berjudul "Rahasia Kematian, Alam Akhirat dan Kiamat" yang gw colong dari bokap gw. hehe. Disitu banyak yang antusias buat ikut, sampe-sampe anak-anak mentoring rohisnya sendiripun pada ikut nimbrung. Haha. Tapi ya begitu, dengan ilmu seadanya gw berusaha berbagi dengan temen-temen. Alhasil cukup memuaskan, sampe setahun periode kepengurusan gw di OSIS, gw juga aktif mengisi kajian MBM.

Wallahi, niat gw bikin MBM bukan untuk menjatuhkan Rohis atau apa. Gw cuma pengen ngenalin Islam dengan cara yang berbeda. Jika banyak yang ga mau ikut mentoring karena identik dengan Rohis, maka gw menghadirkan MBM sebagai salah satu wadah mereka untuk menuntut ilmu sekaligus mengenal Islam. MBM itu ga ketat, setengah Islami, tapi alhamdulillah banyak manfaatnya sih. Walaupun semakin kemari, semakin sadar bahwa diri ini belum pantas untuk seperti itu. Terlalu banyak hal yang harus lebih diyakini, dilakukan, dan dipelajari. InsyaAllah.

Next, sampelah gw di UNJ. Baru masuk aja udah ditanya "dulu pernah ikut mentoring?". Sebel sih, jujur. Emang fardhu 'ain apa ikut mentoring? Ampe ditanyain begitu. Walhasil makin menjauh aja dah gw ama mentoring, ga menarik dan ga tertarik. Sampe akhirnya entah gimana ceritanya, gw ikut mentoring sekali bareng senior gw. Namanya Zulfikar Auliya Ahmad. Arti Zulfikar sendiri setau gw itu "pedang" deh. Emang sih mentor gw yang atu ini tatapannya tajam, bisa menyayat hati (lho). Haha. Nyobain sekali mentoring, rasanya biasa aja.... dua kali, eh asik juga ya. Tiga kali, lho ko lama-lama jadi seru gini. Hahaha.

Ternyata eh ternyata, apa yang gw liat adalah mentoring itu tentang siapa mentornya. Cocok-cocokan ama mentornya gitu. Kalo udah cocok, asik aja dah. Gw sendiri selalu respect sama Bang Zul, beliau itu salah satu dari sedikit orang yang gw kagumin. Suaranya itulho kalo ngaji, beeehhh. Mudah-mudahan gw bisa seperti doi. Haha. Orangnya juga ramah, humoris, seru, tawadhu', wah pokoknya asik deh. Gw merasa udah cocok banget ama doi, makanya jadi seru sendiri. Berharap dapet banyak belajar dari beliau, berharap jiwa pembelajar ini ga pernah haus mencari sebuah pengalaman hidup baru. Dan sekarang, orang yang dulunya menjauhi mentoring ini menjadi seorang menti yang antusias :3


"Islam hadir di Indonesia bukan untuk mengubah saya menjadi ane, atau anda menjadi ente. Islam hadir membawa syariat untuk kemaslahatan dan kehidupan bangsa Indonesia"

1 comment:

  1. Insan pembelajar... Ini curhat ya? Bagus Bang buat dakwah nih. Cuma belom gereget :3
    *eh ga minta komentar gua ya? haha maaf*

    ReplyDelete

Thanks for the comment ^^